Karya Ilmiah Sosial: Media Sosial dan Prestasi Mahasiswa

Kesimpulan

            Pada zaman sekarang komunikasi merupakan hal yang mudah dilakukan dan dengan cara serta biaya yang murah. Jejaring sosial merupakan jalan bagi seorang mahasiswa untuk berhubungan dengan teman dan keluarganya. Frekuensi penggunaan jejaring sosial berbeda-beda. Alasan penggunaan jejaring sosial itu pun bervariasi. Dari penelitian ini juga dapat dismpulkan bahwa jejaring sosial berpengaruh terhadap prestasi Mahasiswa.

Dari data penelitian ini 7 dari 10 responden mengatakan bahwa penggunaan jejaring sosial sangat berpengaruh bagi mereka, sehingga menyebabkan prestasi mereka turun di kelas. Ini dibuktikan dengan nilai IPK yang kian menurun. Sehingga hasil atau nilai mereka kurang memuaskan. Mereka menyebutkan alasan mengapa jejaring sosial tersebut menghambat presatasi belajar mereka antara lain karena mereka jadi lupa belajar karena membuka jejaring sosial saat belajar membuat mereka lalai waktu dan lupa akan belajar.

Pada penelitian ini 7 dari 10 orang responeden mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu untuk penggunaan jejaring sosial selama 2 – 3 Jam ketika mengisi luang, dan 4 – 5 jam ketika sedang libur. Dari penelitan tersebut juga 9 orang dari 10 orang mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu untuk penggunaan jejaring sosial dalam waktu yang tidak tertentu.

Kemudian penelitian ini juga menghasilkan bahwa mereka biasanya mengupdate jejaring sosial melalui handhpone. Ini berarti handphonen tersebut tidak terlepas dari tangan mahasiswa kapanpun dan dimanapun.

DAFTAR PUSTAKA

Pulungan Annisa, 2013.  Karya Ilmiah Media Sosial dan Interaksi, Universitas Sumetara Utara,

Sumatera Utara, 2013.

Desvarhoza Dini, 2013. Pengaruh Frekuensi Penggunana Jejaring Sosial Terhadap Prestasi

Siswa, Padang, 2013

Leave a comment